Sabtu, 15 Juli 2017

DIY: How To Make Super Easy Simple Top [Cara Membuat Atasan Sederhana]

Akhirnyaaaa,,,, bikin tutorial lagiiiii *loncat-loncat bahagia


Kali ini aku bikin tutorial cara bikin atasan sederhana yang superrrr gampang,, that's why I titled
it SUPER EASY.

Yang kamu perlu:
  1. Satu potong kain batik (yang pasti akan ada sisanya)
  2. Satu kancing
  3. Beberapa centimeter aplikasi tassels (kalo suka)
  4. Benang, jarum, jarum pentul, dan teman-temannya
  5. Mesin jahit (atau kalo kamu cuma punya tangan boleh jahit tangan)
Yang pertama adalah tentang POLA. Sebelum lanjut, ada baiknya kamu cek postinganku tentang DIY tank top. Di situ aku jelasin tentang cara buat pola dasar.

pola dasar



Pola dasar di atas kemudian kita kembangkan untuk jadi atasan sederhana. Kalo atasan ala aku menggunakan lengan setali. Cek di gambar yaa,, untuk yang kurang jelas silakan komen atau email atau dm instagram,, as you wish. 

pola atasan sederhana

Pola atasan sederhana adalah seperti ini. Ingat untuk tambahkan 2 cm untuk di pinggir pola untuk jahitan, kecuali yang bagian leher ditambah 1 cm aja.


Lipat kain jadi dua. Letakkan pola seperti gambar. Bagian depan nempel di lipatan.

bagian depan
bagian belakang
Bagian belakang terdiri dari 2 potong kain. Jahit bagian belakang, tapi sisakan sekitar 8 cm di bagian atas. Bagian atas ini nanti akan menjadi bukaan, supaya baju bisa masuk ke badan kita.


Rapikan bagian bukaan dengan menjahit ke sisi dalam. Jadinya seperti di gambar.


Potong kain untuk membuat kantong. Ukuran kantong tergantung selera. Aku sih suka yang besar. Aku juga tambahkan tassels untuk aksen pada kantong.


Jahit tassel pada bagian atas kantong. Kemudian pasang kantong di baju bagian depan. Kalo aku pasang di bagian kiri atas.


Hasilnya seperti ini


Sekarang bagian depan dan bagian belakang baju kita jahit. Bahu dengan bahu, bagian kanan dengan bagian kanan, bagian kiri dengan bagian kiri. 


Untuk FINISHING bagian leher, potong kain panjang dengan lebar 3 cm. Panjangnya sepanjang leher.


Kain ini kita tekuk jadi dua, kemudian tempel menggunakan jarum pentul di bagian luar baju bagian leher.


Jahit.


Kalau sudah dijahit dibalik. Tapi sebelum menjahit dari bagian dalam, kita buat cantolan untuk kancing dulu. Dari sisa kain panjang tadi, kita buat semacam tali tipis yang kemudian kita jahit di bagian belakang.


Jadinya seperti ini.


Sekarang kita lakukan finishing untuk bagian leher. Untuk gambar dan keterangan yang lebih banyak boleh cek postingan ini yaa.


Kira-kira begini hasilnya. 
Di sisi yang tidak ada cantolan kancing pasang kancing.


Begini hasilnya.


Sekarang kita menutup bagian bawah baju. Lipat sekitar satu centimeter ke bagian dalam baju


Tekuk sekali lagi ke dalam. Hasilnya seperti di gambar. Jahit.


Lakukan hal yang sama di bagian lengan.


Yippie,, bajunya sudah jadi.
Terima kasih udah mampir, semoga berguna ya. Eh kalo kalian bikin, dipake terus difoto dong. Aku mau lihat.


-dinilintangasri-

      NB:
  • aku pake patokan satu potong kain batik karena aku bikin DIY ini emang sengaja mengarah ke batik dan jadi satu label dengan batik enthusiast di blog ini. Satu potong kain batik biasanya ukurannya 2m x 1m
  • pola aku pake koran bekas. Sori ya jadi jelek deh di foto :p
  • bagian penjelasan pengembangan pola dari pola dasar ke pola atasan sederhana nggak aku kasih keterangan tertulis, udah nyoba utak-atik kata-kata kok rasanya belum pas,, malah takutnya bikin bingung. Kalo ada yang bingung kontak aja yaa

4 komentar:

  1. Wah bagus contohnya pake batik. Semoga makin mendunia ya warisan bangsa itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya mbak Putu :)

      Hapus
  2. Keren ya mbak, pengen sih buat yang seperti ini, tapi aku belum bisa menjahit :(

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)