Jumat, 01 April 2016

Cerita Gelintang

Duluuuu aku kenal batik sebagai kain tradisional dari Jawa. Alasannya sederhana, karena ibu yang orang Jawa suka banget pake gendongan batik untuk gendong anak-anaknya dan pake daster batik yang adem.

gelintang the intro: seri pertama dari gelintang

Setelah agak gedhe dan beberapa kali main-main ke museum batik di beberapa kota di Jawa, aku mulai paham bahwa motif-motif batik, terutama yang klasik punya arti tertentu. Aku nggak hafal satu persatu nama beserta artinya karena lumayan banyak. Huehuehue.


Kecintaanku terhadap batik bertambah. Aku selalu menyempatkan untuk datang ke tiap-tiap pameran UMKM yang menyediakan kerajinan khas daerah. Dari situ aku mulai ngeh kalo batik nggak cuma punya orang Jawa, tapi kerajinan tradisional Indonesia, yang membuat berbeda adalah motif-motifnya.

Dari coba sana coba sini, aku mulai ngeh bahwa kain batik yang dikerjakan dengan proses membatik baik batik tulis maupun batik cap adalah kain dengan kualitas bagus yang adem kalau digunakan. Kalo mau tetep berbatik tapi on budget,, ya pilih batik cap. Huehuehue.

Punya banyak kin tentu berlanjut dengan keinginan untuk menyulapnya jadi baju. Sayangnya, berkali-kali ganti penjahit tapi hasilnya nggak sesuai harapan. Aku pun belajar jahit sendiri demi memenuhi harapan. Eh,, ternyata temen-temen minta bantu bikinin (baju) juga.

Beberapa waktu yang lalu aku beruntung dapat kesempatan untuk praktek membatik. Dari situ aku bener-bener merasakan proses panjang dari menggambar di kain, mencanting dengan malam panas, proses pewarnaan hingga menikmati hasil akhir yang memuaskan karena bikinan sendiri.

Proses panjang untuk mendapatkan batik yang kami impikan butuh kesabaran dan ketekunan. Tapi ketika selesai rasanya fun! fun! fun!

Aku dan adik pun dapat ide untuk membuat baju batik kami sendiri. Mulai dari desain kain, warna, hingga desain baju kami kerjakan sendiri dan sesuai impian kami. Kami buat yang kami suka dan kombinasi warna-warna yang kami mau. Hasilnya,,, seru! fun! sukaaaa!

Kami pun ingin berbagi rasa seru! fun! suka yang kami rasakan ketika berproses dengan batik. Kami pun memberanikan diri membuat ge.lintang. Semoga menjadi berkat,, bukan hanya untuk kami, namun juga untuk para pengrajin, dan kalian!

-geLintang-

*cerita ini pernah dimuat di instagram: @ge,lintang dalam bentuk caption pada beberapa foto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)