Rabu, 24 Februari 2016

Kenapa Tuhan menciptakan nyamuk (yang bawa penyakit)?

Penyakit demam berdarah kembali menelan korban. Bahkan belakangan menelan lebih banyak.


Hampir semua orang dapat dipastikan tahu penyebab demam berdarah. Aku inget sejak SD aku sudah dapat pelajaran mengenai penularan demam berdarah dari gigitan nyamuk aedes aegypty. Nyamuk-nyamuk ini hidup dan berkembang biak di genangan air.


Dulu,, aku sebel banget sama binatang kecil yang disebut nyamuk ini. Aku sampai punya pertanyaan 'Kenapa Tuhan menciptakan nyamuk yang selalu menjadi sumber masalah?". Selain menimbulkan penyakit mematikan seperti DB, malaria, chikungnya, dan baru-baru ini zika,, zat dalam gigitan nyamuk menimbulkan bentol dan gatal luar biasa. Bagi keluargaku, satu gigitan nyamuk menyebabkan gatal berkepanjangan yang berakibat garukan tanpa sadar yang mengakibatkan luka yang mengakibatkan bekas luka berupa warna lebih gelap di kulit - kulit keluarga kami mudah menjadi lebih gelap bila terkena goresan mesti hanya satu titik.

Di balik pertanyaan-pertanyaan dan hujatan-hujatan tentang nyamuk, saya disadarkan pada satu email dari seorang paman di masa lalu. Pada saat itu penyakit demam berdarah juga sedang merebak. Orang-orang sibuk membasmi nyamuk si pembawa penyakit. Pengasapan, program 3M (mengubur, menguras, menutup), menggunakan kelambu, menggunakan lotion, menggunakan baju panjang, dan apapun itu untuk menghindari gigitan nyamuk sedang ramai-ramai dibicirakan. Namun, orang-orang lupa,, mengapa nyamuk bisa hidup di sekitar manusia?

Nyamuk berkembang biak di genangan air. Jadi supaya nyamuk tidak berkembang biak di sekitar kita, mengapa kita tidak menghilangkan genangan airnya? Nyamuk senang bermain-main di area yang kotor, penuh sampah, dan tidak teratur. Jadi mengapa kita tidak membuat lingkungan kita bersih, rapi, dan bebas sampah? Untuk mengatasi hal ini tentu saja tidak bisa sendirian. Bila di rumah kita sudah bersih, tak ada genangan air, namun di tetangga sebelah masih ada area untuk nyamuk hidup dengan bahagia, tentu saja nyamuk akan dengan mudah main-main ke rumah kita.

Pertanyaan aku di masa kecil tentang mengapa nyamuk diciptakan oleh Tuhan terjawab sekarang. Tuhan mengingatkan pada kita tentang hidup bersih. Bukan hanya hidup sendirian, tapi juga berbagi, termasuk berbagi hidup sehat dan lingkungan yang sehat.

Rasa-rasanya kalo aku ngomong begini, padahal aku sendiri masih tinggal di Indonesia yang lingkungannya, you know lah,, kok susah banget ya. Rasa-rasanya penyakit-penyakit yang dibawa nyamuk itu bakalan tetep ada untuk bertahun-tahun ke depan. Tapi,, ada baiknya mulai dari diri sendiri, dan mulai menyebarkan berita baik. I believe in tidak ada usaha yang sia-sia.

Keep healthy dear ;)
geLintang

4 komentar:

  1. Selalu ada manfaat di balik semuanya. Rahasia di balik rahasia. ;D

    BalasHapus
  2. nggak ada yg sia2 mahluk Allah di dunia ini tinggal kitanya aja pinter2 jaga kesehatan ya :)

    BalasHapus
  3. Setiap yang diciptakan Tuhan pasti ada tujuannya. Kadang kita saja yang kurang arif menyikapi ciptaan-NYA.
    Salam

    BalasHapus
  4. iya,, kadang kita sok berkuasa, ngerasa makhluk paling sempurna, padal ya masih jadi manusia tok ANISA AE, MUNA SUNGKAR, ALRIS ya

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)