Rabu, 09 Desember 2015

Tetep Sehat Meski Jadwal Padat Merayap

Setelah hampir satu tahun "bertapa", mengurangi frekuensi dan jarak tempuh untuk jalan-jalan, serta menutup mata pada semua godaan promo tiket dan anak-anaknya, Semesta mengajak saya berpetualang. Nggak tanggung-tanggung,, saya mesti menyelesaikan tiga destinasi beserta kepentingannya masing-masing dalam dua minggu. Baru kali ini saya begini.

pilih menu seimbang


Akhir november kemarin saya bisa berada di Jogja untuk Ngayogjazz yang sudah saya kangeni sejak lama, kemudia lanjut ke Kuta untuk ikut seminar karena nggak bisa datang seminar di Semarang, dan berlanjut lagi ke Bangkok dalam rangka residensi dengan pihak kampus. Semuanya berurutan dan tidak ada hari jeda. Padahal biasanya saya selalu punya minimal satu hari untuk pemulihan akibat jalan-jalan yang menguras energi. Gilanya lagi,, karena jadwal padat begini saya juga nggak bisa sembarangan ngambil hari libur dari pekerjaan sehari-hari, jadi setelah landing siang, saya langsung mengajar.

Menghadapi hal seperti ini, saya butuh fisik prima dan hati yang gembira dong. Jadi ini tiga cara saya untuk tetep sehat meski jadwal padat merayap.
  • Hati yang gembira,, tentu saja. La wong pada dasarnya saya suka banget jalan-jalan. Dengan alasan apapun kalo saya bisa jalan-jalan saya pasti jalani dengan bahagia.
  • Saya pun atur pola makan dengan seksama. Tiap menu makan saya dalam sehari harus ada kandungan buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral. Saya selalu pilih menu-menu yang kaya dengan serat macam nasi rames dengan sayuran yang porsinya lebih banyak daripada nasinya, nasi capcay yang jelas banyak sayurnya, buah-buahan segar yang selalu ada di jalanan Bangkok, jus buah segar di bapak pedagang kaki lima di Bangkok, dan pastinya air putih yang selalu ada.
  • Saya juga memanfaatkan waktu-waktu sela saya untuk istirahat, karena tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk tetap fit. Saat di perjalanan baik dalam pesawat atau bus saya ambil sepertiga waktu perjalanan untuk tidur dan relaks. Saat hari terakhir di Bangkok,, saya merasa sangat ngantuk di halte pas mau tunggu bus,, saya putuskan untuk naik BTS balik ke hotel dan bobo siang di hotel. Kebetulan ini hotelnya deket banget.
  • Di trip kali ini, saya juga sempet-sempetnya olah raga. Kalo ada kolam renang saya pasti pilih renang. Berhubung kali ini dapet hotel ala kadarnya, saya yoga tiap bangun pagi. Well, it's work!

Hasilnya badan tetep fit. Semua aktivitas berhasil dijalani. Dan yang pasti selalu happy karena nggak ada rusak mood karena kecapekan.

-geLintang-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)