Sabtu, 24 Mei 2014

Transit di Labuan Bajo

Tahu kan kalo ada pulau bernama Komodo di bagian timur Indonesia. Kalo inget si naga purba ini pasti ada nama kota kecil Labuan Bajo.


Labuan Bajo menyebut dirinya sebagai pintu gerbang komodo. Komodo yang merupakan salah satu keajaiban dunia. Salah satu hewan purba langka yang masih hidup dengan bebas di alamnya. Temen-temen bule bahkan menyebut komodo dengan 'dragon'. 

Ada salah satu cerita tentang komodo dan masyarakat pulau komodo. Konon komodo itu adalah kembaran manusia. Komodo bisa berlari kencang, bisa panjat pohon, bisa berenang, bahkan bisa menyelam sampai kedalaman 3 meter. Hebat kan? Pernah suatu kali si komodo ini dibawa pergi ke luar dari habitatnya. Tujuannya supaya komodo bisa dikenal di daerah lain. Tak berapa lama si komodo mati. Konon ceritanya, komodo harus hidup berdampingan dengan masyarakat pulau komodo, karena mereka bersaudara.

Kembali ke Labuan Bajo. Saat itu aku punya waktu sekitar 3-4 jam di Labuan Bajo. Bisa apa ya di Labuan Bajo 3-4 jam?
  1. Makan es teler khas Labuan Bajo. Kenapa? Es telernya super enak dan aku belum pernah nemu persamaannya di tempat lain.
  2. Jalan-jalan di sekitaran jalan soekarno hatta. Banyak tempat baru (cafe, resto, toko kecil) yang seru dan lucu. Aku yakin, saat aku datang berkunjung ke Labuan Bajo besok, wajah jalan soekarno hatta sudah berubah banyak dan menjadi lebih semarak,, dan lucu.
  3. Main ke Goa Batu Cermin. Ini salah satu gua dari sekian banyak goa yang belum tereksplor oleh wisatawan (kata bapak ojek). Di goa ini kita bisa menemukan fosil hewan laut. Artinya bertahun-tahun yang lalu wilayah goa ini adalah dasar laut. Bagian favoritku adalah ketika melihat ke atas dan melihat cahaya masuk dari celah-celah goa. Awesome!
  4. Menurut cerita bapak ojek, masih ada danau yang keren di ujung sana. Next time semoga bisa pak.

Saatnya pulang. Dari goa batu cermin ke bandara Labuan Bajo cuma butuh sekitar 10 menit. Setelah bayar 50000idr untuk 2 ojek dan ditemeni keliling-keliling Labuan Bajo, saatnya bilang 'see you again, Labuan Bajo!'.

2 komentar:

  1. waahh jadi pengen segera ke labuan bajo

    BalasHapus
  2. hayo mbak RAMBUT KRIWIL,, seru dan nagih :D

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)