Rabu, 01 Mei 2013

They Call Cherry Blossom,, I Known You As Sakura


Kenapa saya pilih bulan April untuk trip saya ke Korea? Demi ngerasain lihat sakura!!


Sakura itu identik dengan Jepang. Bahkan negara ini menyebut dirinya negeri sakura. Ketika hawa dingin mulai menghangat, bunga mungil ini pun memenuhi ranting pohon. Pemandangan cantik mekarnya sakura cuma bertahan selama kurang lebih dua minggu. Tapiiii,,, sebenarnya bunga sakura nggak cuma tumbuh di Jepang. Jadi saya pun merencanakan perfi ke Korea demi menikmati mekarnya si bunga cantik ini yang di Korea disebut cherry blossom. 

taman Yeouido di malam hari

Keberangkatan saya ke Korea jatuh di minggu kedua bulan April. Konon di tanggal-tanggal tersebut si cherry blossom lagi cantik-cantiknya. Sebelumnya sempat khawatir gagal menikmati si cantik cherry blossom, karena di Jepang sakura sudah bermekaran di akhir Mei. Tapi ternyata di Korea jadwal mekarnya si cherry blossom sedikit terlambat. Yaa,, kata mereka Korea tahun ini dinginnya kelamaan, jadi si cherry blossom masih asik tidur di rantingnya sedikit lebih lama. Sip,,, saya bisa ketemu dong.


Menyambut mekarnya bunga cantik ini, di Korea diadakan Cherry Blossom Festival. Demi ngerasin festival hip ini,, kami sampe tiga kali bolak-balik ke daerah Yeouido. Yeouido sendiri sebuah taman kota super luas yang ditata cantik. Berhubung ini Korea,, aktivitas utama yang dilakukan di taman adalah pacaran. Hiks,,, bikin iri aja. Ah,, tapi banyak aktivitas seru lain yang bisa dilakukan kok; sewa sepeda, sewa sepatu roda, main basket, atau cuma duduk-duduk gratis di kursi taman.


Baiklah,,, demi mengingatkan saya untuk cari info sedetail mungkin kalo mau maen ke tempat baru, saya inget kembali kebodohan saya sampe butuh tiga kali balik demi Cherry Blossom Festival ini.
  1. datang di taman Yeouido siang-siang. Turun di Yeouido stasiun,, keluar ngikutin kata-kata Yeouido Park. Jalan dikit lewat gedung-gedung tinggi. Jangan harapkan festival,, karena festival start jam 18. Jadi ya kami cuma jajan kue ikan sambil duduk-duduk di taman. Tenang. Sakuranya banyak kok sepanjang taman. Saya tetep takjub sama taman ini. Taman ini letaknya di tengah kota, bersih, guedeee, sejuk [ini mungkin pengaruh suhu 16 derajat celcius :D]. Kapan Semarang punya yang beginian???
  2. hari besoknya setelah energi terkuras, datang malam-malam. Iya, demi ngerasain  festivalnya sekarang. Kali ini turun di National Assembly. Kenapa? Soalnya festivalnya deket sama National Assembly Building. Jalan puter-puter,, ketemu taman yang kemaren juga. Tapi sepi orang (banyakan orang pacaran). Tanya sana-sini dan nggak berhasil ketemu festivalnya. Pulang dengan manyun dan lapar. Huhu. [psstt,,, kalo nanya sama yang lagi pacaran aja, mereka lebih ramah. hihihi. Tapi mesti bisa bahasa korea kalo tanyanya aneh-aneh,, bahasa inggris mereka ala kadarnya. Tapi pada dasarnya mereka ramah dan berusaha membantu kok. Kitanya aja yang nggak mudeng dan mappingnya jelek :(]
  3. untuk yang ketiga kalinya kembali lagi demi festivalnya sakura. Kali ini bawa temen yang kemaren udah kesini. Turun di Yeouido Station, Exit di National Assembly. Dan kita jalan ngelewatin jalanan kemaren,, cuma arahnya beda. Aaaahh,,,, ternyata jalannya dikit dan udah ketemu keramaian. Jyaaaahhhhh. Finally. Berasa banget deh dimana-mana ada cherry blossom. Dan tentu saja, dimana mana ada orang. Banyak juga pertunjukan seni dan pelukis jalanan. Mau duduk piknik sambil minum bir di pinggir sungai juga bisa. Tinggal pilih. Seru!!!
suasana cherry blossom festival di yeouido park, seoul

Sebenarnya menikmat sakura atau cherry blossom ini nggak cuma bisa di festival,, la sepanjang jalan saya sering lihat bunga cantik ini tumbuh. Di deket warung, deket gedung tinggi, deket museum. [sampe saya pusing milih pasang foto sakura yang mana di post ini]. Kalo maen ke palace pun [yang menurut saya wajib kunjung di Seoul. Ups, palace nya banyak, pilih satu atau dua aja cukup] pasti bertemu sama cherry blossom kalo lagi musim.

cherry blossom di halaman sekolah
cherry blossom di sudut stasiun di pinggir kota
cherry blossom di depan coffee shop
cherry blossom di kompleks pertokoan
cherry blossom di halaman istana raja
cherry blossom di taman istana

Menikmati cherry blossom jadi salah satu experience seru buat saya yang orang Indonesia. Senangnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)