Kamis, 06 Desember 2012

Official. Visa Approve. Jepang I'm Coming. :D

"Mbak mau bikin visa Jepang."
"Udah tahu syarat-syaratnya?"
"Tahu beberapa. Tapi dikasih tahu lagi yang lebih jelas nggak papa mbak."
*nyodorin kertas. "Syarat-syaratnya yang di kertas ini ya." *senyum manis
"Mbak, untuk tabungan ada jumlah minimumnya nggak? Berapa?"
"Ya, biar aman tu sekitar 50 - 100 jutaan."
*melongo "Lah mbak. Kalo segitu nggak ada." *mewek


Di hari-hari awal mau ngurus visa saya sudah dibuat desperate sama syarat-syarat yang ribet. Bleh,, masa iya yang bisa dapet visa cuma orang-orang dengan rekening melimpah kayak gitu. Gimana dengan traveller berbudget cekak kayak aku yang punya cita-cita keliling dunia? Demi tiket 5juta pp yang sudah dipesan, saya nggak mau menyerah.

Bermodal baca-baca blog traveller lain yang sukses dapet visa Jepangnya, saya juga nekat. Kebetulan saya punya sodara dan teman baik yang tinggal di Jepang. Saya minta surat undangan dan meminta mereka mau jadi guarantor saya. Ini demi kelancaran visa. Tapi ternyata oh ternyata,,, menjadi guarantor itu nggak semudah yang saya pikir. Mereka menolak untuk menjadi penjamin keuangan saya di atas kertas karena prosesnya juga ribet, malah lebih ribet. Ya wes lah. Saya pasrah.

Jadi, di hari berikutnya saya datang kembali ke travel agent dengan membawa kelengkapan:
1. Paspor asli yang masa berlakunya minimal 8 bulan
2. Foto background putih ukuran 5 x 5 cm
3. Print out tiket pesawat pp + jadwal perjalanan 
4. Akte lahir + KTP
5. Surat sponsor dari perusahaan, yang intinya menerangkan kalo kita pasti balik lagi ke Indonesia
6. Invitation letter (saya minta undangan sodara)
7. Copy tabungan,,, psst yang ini nggak harus tabungan 3 bulan terakhir ternyata. Tapi mesti nge-print dari halaman awal sampe halaman terakhir. Dan yang penting jumlah tabungannya cukup buat biaya hidup disana.  Demi keamanan, saya itung sejuta per hari. Dan di hari-hari deket visa saya baru nambahin sekitar 10jt di tabungan. 
8. Copy paspor, copy visa temen dan sodara yang mau diinepin, bukti kalo emang sodara dan temen kita ini nyata dan masih tinggal di Jepang.

Sebenernya saya nggak sekali jadi langsung bisa kirim. Beberapa kali saya harus bolak-balik travel agent karena syarat saya kurang. Misal, visa temen udah expired dan nggak ada bukti perpanjangannya, jadi saya mesti minta visa dia lagi. Ato kalo sodara mesti kasih bukti-bukti kalo dia bener-bener sodara kita. Sama kakak ipar ibu saya, saya mesti bawa akte lahir ibu, akte lahir kakaknya, serta surat nikah kakaknya. 

Sempet deg-deg-an beberapa hari. Soalnya tabungan saya kan nggak jelas gitu.
Tapi,,,, visa saya approve juga. Yeay yeay. Ternyata traveller ber-budget cekak kayak saya juga bisa dapet visa Jepang untuk 15 hari. #suwunGusti

*Saya ngurus visa via travel agent, karena itungannya jauh lebih murah. Kalo ngurus visa ke kedutaan bayarnya Rp. 375,000. Itu pun bayarnya kalo visa udah jadi. Kalo nggak approve nggak bayar. Kalo lewat travel agent saya bayar Rp. 475,000, visa approve atau nggak, bayar di muka. Semua untuk single entry 15 hari yah. Bandingin kalo saya mesti ke Jakarta, bolak-balik. karena saya tinggal di Semarang. Oh thank God for travel agent.

@dinilint
lagi doa biar budgetnya cukup

5 komentar:

  1. wuih,bisa juga ya mbak, saya emang pernah di kasih tahu temen kalo ke Jepang harus punya minimal budget segitu, tai mbak nya bisa juga ya dapetin tuh visa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisaaa!!! yg penting duit kita bisa mencukupi kehidupan kita di sana. biar nggak jadi gelandangan. intinya itu.
      kalo pada nakutin dg minimal budget, itu sebenernya buat meminimalizir angka kegagalan si travel agen untuk dapetin visanya. ;)

      Hapus
  2. Halo mbak, aku mau tanya nih. Kalau kira2 aku nga paki surat penjamin/visa orang disana. Hanya surat keterangan bekerja aja bisa nga ya. Rada worried sama visa. Takutnya udah book tiket ternyata gagal.

    BalasHapus
  3. mbak mau nanya nama travel agent nya apa ya mbak? saya mau ngurus visa dari semarang juga nih hehe

    BalasHapus
  4. hi shinjikimura,, pas apply visa ini aku pake jasanya nusantara, kantornya di kompleks ruko2 simpang lima

    BalasHapus

Thank you for reading and leaving comment :)