Jumat, 11 November 2011

Sang Penari

Roman, culture, history. It's all wraped in @SangPenari. Recommended movie


Buat saya menonton film ini seperti menonton gambar indah yang bergerak di masa lalu. Warna film ini sephia,, tp berwarna dan cantik. Saya bisa merasakan suasana Dukuh Paruk, dengan hamparan sawah hijau dan gradasi langit biru lengkap dengan awan putihnya yang bergumpal2.

Saya juga bisa merasakan rasa Srinthil dan Rasus. Kisah cinta mereka dan konflik yang terjadi antara mereka.

Melalui film ini saya juga mengerti tentang pilihan Srinthil dan tari ronggeng. Bagaimana tentang ronggeng, kultur Indonesia, dan masyarakat yang menjunjung ronggeng sebagai sebuah kesenian dan kepercayaan.

Saya juga diajak merasakan kekerasan sejarah. Jaman pergolakan masa lalu. Sehingga hari ini saya bisa bersyukur bisa menikmati hari ini.

Saya pun bersyukur, ada manusia-manusia yang membuat film ini ada. Sang Penari. Indonesian movie. Recommended.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)