Sabtu, 04 Juni 2011

i'm javanese girl ^^

kalo dari keturunan biologis itu saya putri jawa. saya berasal dari bapak berdarah jawa kelahiran kediri dan ibu berdarah jawa kelahiran semarang. saya sendiri lahir di lampung tapi menghabiskan sebagian masa hidup saya di semarang. waktu kecil, ketika saya baru pindah ke semarang saya sama sekali nggak bisa bahasa jawa, khususnya bahasa jawa alus - yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih tua atau yg lebih dihormati. sampai sekarang pun saya suka nggak ngerti kalo denger orang ngomong jawa kromo inggil.
tapi, saya tetep mengakui kalo saya ini putri jawa. apalagi banyak orang bilang kalo putri jawa itu halus, sopan, pokoknya model wanita ningrat - hehehe.
salah satu kebanggaan saya jadi putri jawa adalah jawa punya kebudayaan dan tradisi yang buanyak. saking buanyaknya saya jadi kurang paham. salah satunya acara mitoni.acara ini merupakan peringatan bila seorang wanita jawa hamil anak pertama. upacara adat ini dirayakan saat kehamilan menginjak usia 7 bulan. pemilihan hari untuk perayaan adat ini nggak boleh asal lho, ada aturannya. mbak saya yang tiyang jowo dapat pilihan hari setu wage (sabtu wage). ada kepercayaan memilih hari tsb supaya metu ndang gage (si anak lahirnya cepat dan tidak menyusahkan ibunya).
untuk upacaranya saya kurang begitu paham. tapi sy lihat pernak-perniknya. salah satunya adalah kelapa bertato tokoh wayang dan bunga dari tujuh mata air untuk siraman. ah, orang jawa emang artisty.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)