Selasa, 26 April 2011

tanda tanya

film tanda tanya. saya mengetahuinya dari berita di TV yg memberitakan sejumlah kalangan menilai bahwa film ini sesat. ternyata film ? menceritakan tentang keberagaman agama di Indonesia. maraknya kekerasan berkedok agama sepertinya menjadi salah satu faktor mengapa film ini dibuat. dan menurut saya layak ditonton semua warga negara.
adegan dimulai dengan penusukan seorang romo di depan gereja oleh oknum tak bertanggung jawab. hal ini berdasar kisah nyata yang pernah terjadi beberapa waktu yang lalu.
tokoh2 dalam film ini mempunyai latar belakang agama dan masalah yang berbeda2. menuk adalah seorang islam taat yang bekerja di retoran tan kat sun yg tionghoa. soleh adalah suami menuk yg setelah lama tak mendapat pekerjaan akhirnya bekerja sebagai banser NU sesuai cita2nya. ping hen, anak tan kat sun yang tidak suka dipanggil kokoh. surya, si artis figuran yang akhirnya menerima memerankan Yesus dan Yusuf padahal dia islam. dan Rika yang baru saja menjadi katolik setelah melepas jilbabnya.
tokoh2 ini dengan masalahnya sendiri2. mereka saling berhubungan oleh masalah mereka. di sini kita bisa melihat bagaimana perbedaan2 itu harus diatasi untuk hidup bersama.
semua orang punya pilihan untuk memilih jalannya masing2. tujuannya sama. Tuhan.

note:
salah satu adegan yg menyentuh buat saya adalah ketika surya memerankan dirinya menjadi santa klaus untuk membantu seorang anak kecil yg kritis di rumah sakit. si anak sangat mengidolakan santa klaus dan ingin bertemu dengannya. ketika surya yg menjadi santa klaus bertanya apa keinginan si anak, si anak memberikan selembar kertas pada surya. di kertas tersebut ada tulisan tangan si anak menggunakan crayon, bunyinya: "aku ingin cepat pergi supaya tidak merepotkan bapak & ibu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for reading and leaving comment :)